Kota Miniatur – Kidzania

17-09-11, ini kedua kalinya aku en nathan ke kidzania (ga ketinggalan sama si papinya nathan). Walau katanya mahal (tiket), namun tempat itu ternyata menghipnotis diriku, knapa? karena disana sangat mendidik anak-anak tuk mandiri en brani, trus tuk mengerti dunia kerja en gimana cara dapetin uang dengan bekerja, bagaiman mendapat gaji yg lebih tinggi kalau bisa belajar dulu, dsb.

Jadi di kota mini ini, mereka (anak-anak) tidak sekedar bermain seperti yang sering kali kita lihat di tempat-tempat bermain, ga seperti di wahana permainan, ga seperti dufan, ga seperti timezone, ga seperti prosotan dsb. Jangan harap menemukan permainan seperti itu disini.
Pas masuk pertama kali, pasti yang akan terlintas dipikiran, ini adalah sebuah kota kecil, dimana penduduknya adalah anak-anak, mereka bekerja untuk makan dan untuk uang. mereka bekerja pula untuk bisa bersenang-senang (kl mo habisin uang kidzo-mata uang kidzania, ya ke department storenya tuk beli souvenir, atau ke race car, atau ke tempat pizza). Selain itu uang dibutuhkan juga tuk kuliah agar bisa kerja yang lebih bergengsi. wkwkwkwkwkwk.
Didalamnya lengkap sebuah miniatur sebuah kota, dimana ada universitasnya untuk belajar (sebelum jadi pilot), atau ada tempat bersenang-senang alias dugem (diskotik) ada juga urban livingroomnya, dimana anak bisa duduk sambil membaca, mendengarkan cerita, main puzzle, puppet show, dsb. Selain itu juga ada tempat olahraga buat si anak, ada tempat bekerja, ada tempat penelitian, ada pabrik-pabrik, ada salon, dsb. Ada juga hospital.
Ga ketinggalan tempat pom bensin dan mobil2nya, oh iya, kalau ingin setir mobil di dalam kidzania (di pom bensin atau race car) si anak harus punya SIM dulu, kalau tidak mereka akan di denda :)
Untuk membuat SIM, si anak harus ke hospital untuk general check up, dan ke gerai honda untuk membuat SIM nya. Ada juga Taxi en city bus tour, ada theater, ada modelling, ada advertising, ada radio, ada tv, dsb.
Uang yang didapat dalam setiap pekerjaan yang dia lakukan beragam, tergantung tingkat kesulitannya dan memang sesuai dengan yang ada di kehidupan nyata. Oh iya, uang yang dia dapat bisa juga disimpan dalam sebuah ATM loh, disana banyak mesin ATM beneran yang mini, agar anak bisa mengambil uangnya by ATM. Untuk nabung uangnya? tentunya kudu ke Bank donk.
Kidzania ini benar-benar sebuah miniatur kota.
Kalau dibilang mahal masuknya (harga normal untuk anak usia 4-16 tahun adalah 115rb untuk 5jam, dan orang tua/pendamping 75rb.) hmmm akan sepadan dengan isi yang ada didalamnya
Karena anak bisa belajar kehidupan nyata, dan ortu bisa excited melihat anak2nya gimana mereka menjadi dewasa dalam tubuhnya yang mungil.
Pasti ortu lihat anak-anaknya main dan bekerja, ada sedikit perasaan bangga, apalagi liat mereka kalau bisa mendengarkan si kakak pendamping (yang membimbing dalam pekerjaan), lalu bekerja dengan sungguh-sungguh. Sangat menyenangkan.
………
Kemarin Sabtu tgl 17 ini, aku kebetulan dapat info harga promo untuk group, yang harus terdiri dari minimal 15 anak.
Tapi ternyata, terkumpul 34 anak dan 23 ortu + 1 balita.
Harga promo group untuk masing2 orangnya adalah 65rb. murah ^_^
Dan untungnya kemarin itu agak sepi, jadi bisa masuk tempat kerja tanpa antri yg lama.
Jadi aku bener-bener puas kemarin itu, tapi tetep aja, masih banyak tempat yang belum dimasukin nathan.
Nathan disana kemarin :
- membuat ice cream:
disini diterangkan cara membuatnya, menunggu supaya ice nya dingin (dari jus yang dia taruh di tempatnya sendiri). Selesai bekerja, dia mendapatkan ice yang dia buat sendiri dan uang sebesar 5kidzo
- membuat pop mie
dimana anak menghias sendiri tempat pop mienya, lalu menggiling mienya, memasukkan adonan yang sudah digulung ke tempat penggilingan mie.
Selesai bekerja, mereka akan mendapatkan sebuah popmie yang tempatnya dihias sama mereka sendiri, tapi isinya tentunya pop mie yang asli :) dan dibungkus dalam tas yang unik. selain itu akan mendapatkan 5 kidzo.
- menjadi pengisi bensin
anak akan menjaga pom bensin dan mengisikan mobil-mobil mini dengan bensin. Hasil kerjanya mendapatkan imbalan 5 kidzo
- menjadi pembersih kaca
bukan sekedar kaca rumah biasa, tapi kaca gedung bertingkat. dikasih semprotan dan pembersih kaca. hasilnya 5 kidzo
- menjadi peneliti
Di rumah cosmos, anak diajarin ttg kipas angin, ricecooker, lalu diajak keluar untuk meneliti di tempat makan (*entah apa yang ditanyakan di tempat makan itu, yg pasti mukanye serius banget. hahahahhaa)
dapet 10 kidzo
- pabrik susu
tentunya meneliti susu yang baik itu bagaimana, tidak menggumpal, phnya, dsb. lalu diberitahu bagaimana proses pengemasannya.
lalu dapet susu en 5 kidzo deh
- pabrik tango
kudu cuci tangan dulu, soalnya disini anak kudu oles oles wafernya sendiri, lalu dikemas dan bisa dibawa pulang deh, en nyummy, bisa dimakan juga
dapet wafer + 5 kidzo
- diskotik
disini anak bisa jadi dancer, cust, atau bartender.
kalau jadi dance anak2 beneran dugem deh sambil nari2.. horeeee….
ortu boleh masuk disini. tuk duduk santai sambil liatin anak-anaknya
dapet 10 kidzo
- pabrik teh botol
anak dijelasin ttg teh yg baik, pengemasannya. dapet deh teh botol 150ml + 5 kidzo
- pabrik coklat
nyummy, dikasih tau ttg coklat, tuangin coklat ke cetakan, lalu dikemas dan dibawa pulang dehhhhh… nyum nyum nyum dapet 5 kidzo pulak
- urban livingroom,
nah disini anak-anak diajak santai, main piano, main puzzle, puppet show, dengerin cerita, dsb. Bener-bener ruangan santai (ruangan tamu) yang sangat nyaman. tapi entahlah walau santai-santai gitu, anak dikasih uang loh, 20 kidzo. apakah tujuannya mengajarkan anak agar bisa hidup tenang? :)
- apotik
disini anak belajar farmasi, jadi apoteker
dari awal di training, lalu anak disuruh menggerus pill, pill yang sudah digeruk dimasukkan ke dalam botol, lalu diisi air dan dikocok dehhh…
dapet berapa ya disini? kalo ga salah 15 atau 20 kidzo deh :)
- cooking room bellfood
disini siy anak ga ngapa-ngapain, cuma training, lalu si kakak membagikan mantau yang sudah digoreng, plus membagikan nugget, dan masing2 anak disuruh menghiasnya sendiri dengan saos tomat. Lumayan bisa ganjel perut dengan makanan yang enak.
disini anak harus membelanjakan uangnya sebesar 5 kidzo (alias minus)
Itu semua yang nathan sempet mainin
it’s so fun kan?
Itu saja masih banyak lagi yang belum nathan kerjakan disana, belum pernah jadi penyiar radio, pabrik sabun, pekerjaan underground, tv, pabrik kopi, dsb
Jadi dibilang mahal? ga juga, soalnya menyenangkan.
Kapan ya bisa kesana lagi? maybe next month. Cari paket promo en group lagi deh. hahahahaha.. gue ga mo rugi.
feb
*ini semua bukan promo, aku beneran excited ditempat itu.
foto-foto ada di : Goes To Kidzania Again
yang kedatangan sebelumnya ada di : Nathan
Kerja @Kidzania
dan ini adalah keterangan tentang isi kotanya kidzania di websitenya mereka :
Tour Kota ternyata ada 100 jenis aktifitas, wow.

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s