Curhatanku : About Ibu Bekerja (part 1)

Kali ini aku cm mo kasih pandangan ttg ibu bekerja en ttg pengalamanku ajah,
dan tidak bermaksud apapun buat para Ibu yg dirumah ^_^

Dari awal aku mo punya anak, ngelahirin ampek skrg… masih aja hal itu diperdebatkan. Ttg ibu bekerja or kaga. Well aku mo cerita tentang perasaanku, kalau agak panjang blog ini gpp ya, moga2 tidak membosankan.

Untuk ukuran hidup di Jakarta (*tlg garis bawahi di Jakarta ya) kayaknya agak sulit buat aku kalau tidak ikutan bekerja demi memenuhi keuangan kami. Gaji suami buat cicilan rumah dan sebagainya, aku buat sehari2 dan lain-lainnya (kayaknya gak perlu aku jelasin lebih lanjut ya.. )

Saat belum punya Nathan :
mertua, saudara nanya gimana nanti kalau punya anak? siapa yang jaga?

Saat hamil :
nanti gimana kalau lahiran, km tetep kerja?
dirumah aja feb, kasian anak kamu nanti golden age nya ketinggalan.
masa jadi anak pembantu feb?
nanti kalau susternya/mba nya gak bener gimana?
blum lagi kalau aku liat postingan di milis2 yang nakut2in ttg child abuse

OMG.. tak sadarkah mereka kalau itu membuat hati ku ketar ketir takut dan kuatir?
Memangnya aku punya pilihan untuk tidak bekerja? Pikir dulu donk kalo mo kasih pendapat…
Seandainya gaji suami mrk mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup mrk gpp. Nah aku?
Cicilan rumah masih sangat memberatkan, walaupun begitu, aku bersyukur.. sampek saat ini di umurku yang segini, aku dah bisa punya rumah sendiri, punya mobil jg walau second. ^_^

Ada yang menyanggah ahhhh.. uang khan bisa dicari, loe khan bisa programmer feb, cari aja diluaran, ato jadi freelance… hmmmm enaknya bisa ngomong gitu… kalo aku mikir panjang, ya iyalah, suami kamu mumpuni en kamu sendiri rumah dah beres. Nah aku?

Aku orang yang lebih mencari aman… walau hati tak nyaman awalnya tuk ninggalin anak dirumah bersama ART (asisten rumah tangga) namun I Have To.

Setelah aku melahirkan Nathan :
3 bulan aku dirumah cuti melahirkan, mengasuh dengan kasih sayang en rasa yang capek (maklum org kota en melahirkan buat pertama kali… itu bener2 pengalaman baru yang melelahkan buatku)
Aku harus ninggalin Nathan saat dia berusia 2 stgh bulan (krn dia lahirnya mundur sampek 10 hari, en daku dah keburu cuti lahiran :P)

Kebayang gak siy rasanya? kudu ninggalin bayi sekecil itu ke orang2 yang tak kita kenal sebelumnya? Jujur… aku awalnya tidak.
Namun seiring jalannya waktu, aku pun terbiasa.
Terbiasa untuk :
– tega-tegain ninggalin anak kesayanganku di rumah, walau dia pengen deket ama maminya terus
– mencoba menyamankan hati saat mendengan ttg child abuse di inet or milis yang dilakukan oleh ART or org lain
– mencoba tuk mengkuatkan hati saat dia menangis mengantar ortunya pergi ke kantor (*untungnya Nathan anak yang kuat, jarang dia nangis skrg, kecuali lagi sakit)
– dan terbiasa tuk hal2 yang lainnya.

Saat ada yang bilang , kamu kerja? gak di rumah aja?
Paling aku bilang : Mo bayarin biaya hidup aku? yaaa… minimal gantiin gaji bulanku? Ya silakan.. aku berhenti kerja dech ^_~

Emanknya dipikirnya aku tak pernah berpikir untuk berhenti kerja en di rumah aja?
Ohhhh sering banget en hampir sepanjang waktu aku berpikir seperti itu, namun…. banyak banget pertimbangan yang aku pikirkan berhenti or not, plus en minusnya.
Fiuhhhh…. apalagi tuhh saat2 genting pastilah kepikiran, yaitu dilame ibu2 bekerja saat lebaran mo tiba… hmmm gak perlu panjang lebar aku ceritain dech, pasti dah pada tau dilema apa itu tiap taunnya.

Wahhh.. dah cukup panjang juga ya curhatan aku kali ini? hmm lanjut ke bagian 2 kali ya… ^_^ biar kaga capek bacanya

bersambung….

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Celotehan BuPeb, Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

