Filsafat Dalam Penerapan Kehidupan

Sejak ketemu sama beberapa orang belakangan, yaaa setahun terakhir kali ya.
Aku merasa bahwa filsafat itu perlu dan aku pun sempat di suruh oleh 2 orang teman di MP dan 1 orang teman di kompasiana tuk mempelajari filsafat, minimal filsafat timur, bukan yang barat. Dan aku berjodoh dengan Zen rupanya.

Well .. tulisan kali ini ini hanya menurut pendapatku siy, kalau ada yang salah mohon diluruskan ya.

Apakah filsafat ini?

Menurut si wiki :

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.

kalau mau lebih lengkap klik sini dech.

Well ternyata setelah aku mencoba sedikit mendalami filsafat, ternyata filsafat adalah sesuatu yang sangat berguna dan sebenarnya sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Yaitu kebijakan-kebijakan yang mendasar untuk hidup untuk hidup dalam bersosialisasi dan hidup dalam sesama.

Jika kita memahami hal-hal ini (yaitu filsafat dasar, kalau dah berat aku nyerah dech 😀 ) maka hidup akan terasa lebih mudah tuk dijalani.
Inilah yang dikatakan oleh teman2ku yang sudah lebih dahulu mempelajari dan memahaminya dan aku pun akhirnya merasakan banyak manfaatnya.

Karena nya aku berjanji tuk ngajari anakku dr awal tentang filsafat2 yang aku ketahui (minimal yang sederhana.
Dan beberapa yang aku ketahui sudah aku share sebenarnya di beberapa journalku terdahulu.

OK aku kasih contoh saja ya filsafat yang biasa kita temui sehari-hari dan pernah aku tulis.

1. memperlakukan orang lain sebagaimana dirimu ingin diperlakukan (*dah nyari di journal tp lagi gak nemu 😛 )
2. cara berpikir dimana kalau kamu berpikir A ya maka akan A terus yang akan kamu lihat.
Bisa dilihat contohnya di dalam postinganku yang Sama Saja (Cara Berpikir)
3. tentang Masa Lalu, Masa Sekarang, Masa Depan
4. tentang Tujuan Hidup
5. tentang anak refleksi orang tua
6. dan sebagainya, seperti inner beauty, tentang bercermin dahulu sebelum menuding orang lain, deelel.

Yahhh.. itulah beberapa filsafat. So jangan merasa antipati dulu kalau mendengar kata filsafat, karena filsafat sudah ada sejak dahulu, yaitu pemikiran2 bijak dan didasari oleh perenungan2 yang mendalam.
Yuks kita sama2 mencoba mempelajari dan mendalami kebijakan dan kebijaksanaan dan mencoba tuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, niscara hidup akan lebih indah dan mudah ^_^ dan bisa makin damai antar sesama manusia. Semoga

‘feb

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

