Ditemui Leluhur dalam Mimpi

Seram? Nggak koq…. bahkan cenderung merasa tenang.

Aku cuma mau cerita, 2 malam yang lalu, aku mimpi bertemu dengan salah seorang nenek buyutku, ibu nya nenekku yang dari papi, kalau di aku disebutnya Bothay.
Beliau meninggal saat aku masih kecil, aku lupa tepatnya, tapi sepertinya saat aku awal SD.. atau TK ya?
Dalam mimpi itu, aku bertemu dengannya dalam keadaanku yang sekarang tapi suasananya berada di kota kelahiranku di Cirebon. Beliau terlihat tenang dan berjalan tertatih dengan tongkat kayu di tangan kanannya. Aku dan dia ngobrol sambil aku menggendong anakku. Lalu aku pamit pergi bentar dan dia menungguku.
Lalu akupun terbangun, aku lupa seperti apa mimpi tepatnya, tapi aku terbangun dengan perasaan tenang.
Ya.. setelah kupikir-pikir, aku selalu bangun dengan perasaan tenang setelah bertemu dengan leluhurku yang mendatangiku dalam mimpi.
Yup, bukan baru sekali ini aku bermimpi bertemu leluhur atau orang yang sudah meninggal.
Aku beberapa kali mimpi bertemu dengan mereka (orang-orang yang berbeda). Dan suasana mimpinya selalu tenang dan damai.
Dulu sekali dan mimpi yang masih sangat kuingat sampai sekarang, yaitu saat aku SMA… aku mimpi bertemu dengan Kakek buyutku yang bahkan blum pernah kutemui sebelumnya.
Kakek buyut dari pihak mamiku. Aku menyebut beliau Kongco Tayu, ayahnya kakek dari mami. disebut tayu karena tinggalnya di tayu.
Beliau meninggal sebelum aku lahir. Bagaimana aku bisa tau kalau dia kakek buyutku? Ya karena beliau memberitahuku dalam mimpi. dan saat aku cross check sama mamiku, mamiku membenarkan kalau beliau adalah kongco tayu.
Cerita dalam mimpi itu : Aku masih kecil banget (padahal aku dah SMA saat itu)
aku melewati ruang makan di rumahku, tau-tau ada seorang kakek (berpakaian putih putih, seperti piyama kuno jaman dulu) yang memanggilku di meja makan, dan aku menghampirinya. Beliau mengajakku membuka-buka album photo yang terkesan kuno. Aku pun duduk disampingnya. Lalu gak lama sebelum aku bangun kamipun berpamitan, aku bertanya padanya siapa dia, dan dia menjawab kongco.
Selain kedua yang aku ceritain diatas, aku pun pernah bertemu dengan Akung (ayahnya papiku) , aku juga pernah bertemu dengan Pastor-pastor yang meninggal (2 orang pastur)
Yang herannya, benernya sewaktu mereka masih hidup, aku dan mereka gak akrab-akrab banget dan sebelum tertidur pun, aku gak memikirkan mereka.
Yah… memang, kadang mereka mengujungi aku, entah kenapa.
But, thanks banget karena aku masih diingat sama mereka dan diperhatikan dan disayang sama arwah leluhur.
God bless them.
‘feb
(sekedar menuangkan ingatanku dan pengalamanku)
About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

