Disiplin

Satu kata namun sepertinya susah sekali dikerjakan oleh manusia.

Dalam bidang apapun: datang tepat waktu, antri, jam kantor, dsb
Disiplin akan susah sekali dilaksanakan kalau memang tidak dilatih, tapi bukan berarti tidak bisa. Namun di sini, aku sering kali menemukan hal-hal yang tidak disiplin dan entahlah, itu buat bangga-banggaan? atau buat gaya-gayaan? bahwa kalau tidak disiplin itu suatu yang keren, atau tidak disiplin itu adalah suatu yang biasa saja dan sudah lumrah.
Ok.. let’s see di kantor, masuk jam 8 pagi, batas keterlambatan 15 menit. Ok… it’s fine right?
Tapi kalau tiap saat datang sengaja di pas in jam 8.15 dan setelah itu baru sarapan, ngopi (tapi di luar bukan di meja kerja) dan sebagainya, lalu baru mulai kerja jam 9… bukan kah itu tidak disiplin dan mengkorupsi waktu kerja? Padahal pulang selalu on time jam 5 sore.
Lalu di jalanan, cukup disiplin untuk mematuhi lampu merah. Benar? Tapi knapa lampu belum juga hijau (alias masih merah) banyak orang yang menerobos dan bahkan kalau yang di depannya menuruti lampu merah, eh malahan di klakson untuk maju?
Lalu masih di jalanan, disiplin di jalur yang benar, lalu knapa masih saja menerabas jalur yang bukan haknya di pengemudi, kalau ada tabrakan atau orang yang menyenggol yang disalahkan yang dijalur yang benar?
Penyebab kemacetan? Aku rasa jg masalah disiplin, antri aja koq ngga bisa? maunya paling dulu maju dan saling srobot, kalau udah ke “lock” jalanannya, lalu saling menyalahkan???
Atau yg bikin lebih heran, udah tau macet, jalanan menyempit, eh masih pada maksa dan ambil jalur orang lain. Gimana macetnya mau ilang? yang ada makin macet. ckckckckck…
Atau saat antri di kasir, selalu pengen buru-buru, menyerobot antrian? Atau di lift? Atau saat beli barang/makanan?
Bingung… knapa siy orang susah disiplin? Apakah disiplin itu sebuah momok yang menakutkan? Atau kalau disiplin itu ga keren? Atau memang tak pernah diajari tentang disiplin? Gimana mo beres? Ga ada yang disiplin, dan disiplin dipandang sebelah mata.
Cuma bisa geleng-geleng aja. Kadang juga bukan cuma orang yang ga disiplin, tapi angkutan umum juga ga disiplin (kereta telat) tapi ya ujung2nya keterlambatan itu disebabkan oleh manusianya juga.
fiuhh.. bebek aja bisa antri (disiplin)….
*sedikit uneg2 di pagi hari.
Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s