Agar-agar Jahe Gula Jawa

Description:
Entah namanya apa aslinya, tapi ini resep dari mami, dulu mami kl bikin ini aku sukaaa banget. Pas dah gede liat puding/ agar2 ini di resto padang. Pas sekali aku rasakan, koq ga seenak yg aku buat sendiri ya? (xixixixixi, PD) soalnya di resto padang ga ada rasa jahenya. Padahal yang aku suka tuh rasa jahe dan legitnya bagian putihnya.

Nah kalau yg aku buat ini pake santan, Jahe en Gula jawa + sedikit gula pasir. Oh ya takarannya semua kira2 yaaaaa….. gpp kan?
Aku pake santannya sisa santan kelapa asli yang buat bikin talam disini loh : Resep Kue Talam Ubi Merah (*sekalian promo)

So ini resepnya

Ingredients:
– 1 bungkus agar2 putih
– Jahe segar kira2 2 ruas jari di potong2 dan dikeprak
– 50 gr gula jawa (disisir biar mudah larut)
– 600cc santan (aku td pakai santan cair sisa talam, kl mo enak santannya yang rada kentel, biar bagian putihnya lebih banyak)
– 1/4 sdt garam (ato secukupnya ajah biar gurih)
– 1 sampai 2 sdm gula pasir (secukupnya, biar manisnya enak)

Directions:
– campur semua bahan, aduk rata
– masak diatas api sedang sampai mendidih sambil diaduk-aduk biar agar2 ga menggumpal dan santan ga pecah.
– setelah mendidih, matikan api, lalu diaduk sesekali sampai agak dingin
– tuang agar-agar ke dalam cetakan sambil disaring agar kotoran gula jawa dan jahenya tersaring ^_^
– tunggu hingga dingin dan hidangkan, nyummy deh
(masukin kulkas dulu biar segerrrr)

Dilarang protes soal aku kudu ngurangin santan abisnya santannya eman2 eui kalau sisa… masih banyak dr sisa bikin kue talam… hihihihihi…..

Oh iya…. itu bagian putihnya otomatis naek sendiri koq pas sudah dingin agar2nya, jadi bikinnya ga perlu repot, cukup sekali masak en tuang, otomatis kepisah putih santannya.

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Resep, resep lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

