Kue Talam Ubi Merah

Description:
Nyum, aku suka banget sama cemilan alias jajanan pasar ini, cuma kadang kalau beli entah knapa rasanya ga puas ya? kurang legit atau ga kurang rasa ubinya. Atau ga ada yang enak tapi ga puas makannya, soalnya belinya cuma 1 en harganya mayan. wkwkwkwkwk….

So, karena penasaran, akhirnya aku nyari2 resep talam ubi en nemu yang enakkkkkk… legit dan santannya brasa (ya iyalah, aku beneran bikin bagian putihnya dari santan kental kelapa asli koq.

Awalnya mo bikin setengah resep, pas liat setengahnya koq brasa ubinya dikit doank ya? Akhirnya aku bikin dunk 1 resep ini, ya ampunnnn kebanyakannn, secara yang makan kan cuma aku T_T
Nathan en papinya kan lagi pergi. So akhirnya 1/3 nya aku bagi ketetangga dunk (teteup cuma 1/3 soalnya aku suka kue ini siy, hahahahaaha)

Oh ya, aku buatnya ga pake cetakan talam, tapi pake panci mie yang gagangnya lepas, abisnya banyak, mo pake loyang, loyangnya ga ada yang cukup di dandangku T_T… ya udah, jadinya talam raksasa dunk, yang ada aku potong2 biar gampang makannya.

Tips : kalau mo motong2 pastikan udah dingin yaaaa talamnya. kl ga susyahhhhhh en lengketttt

Resep diambil dari web : http://belzyskitchen.blogspot.com/2009/08/talam-ubi.html tapi dia katanya ambil dr ncc. Dan aku ubah dikit di bagian gulanya, soalnya ga mau manis.

so langsung aja ke resep ya, kepanjangan niy pendahuluannya

Ingredients:
Bahan untuk bagian bawah :
300 gr ubi merah/putih, kukus, haluskan
180gr gula (resep asli 250gr)
300 cc santan encer
70 gr sagu
35 gr tepung beras
1/2 sdt garam

Bahan untuk bagian atas:
300 cc santan kental
100 gr sagu
20 gr tepung beras (kalau sagunya kurang dari 100gram, tepung berasnya bisa ditambahkan)
1/2 sdt garam
1 sdt vanili essences

Directions:
Cara membuat:
1. Untuk bagian bawah, semua bahan dicampur, dihaluskan lalu disaring. Disaring agar tampilan si kuningnya alussss…. en mayan jg loh nyaring segini banyak :))

2. Untuk lapisan atas, aduk semua bahan.

3. Panaskan cetakan kue talam + 5 menit.

4. Isi cetakan dengan adonan bagian bawah antara 1/2 – 3/4 penuh, lalu kukus selama 10 menit, tuang lapisan atas, kukus lagi 10-15 menit.

5. Angkat, tunggu dingin lalu keluarkan dari cetakan dan potong2 kalau pakai cetakan besar.

Oh ya, aku karena pake cetakan besar, kukusnya sampai lumayan lama untuk bagian bawah 15 menit atasnya 20 menit, karena biar matang semuanya

Ini tampilan aslinya, ini setengah dari yang aku buat loh…

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Kue, Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s