Bolu Kukus Kelapa Pandan

Description:
Kemarin ada kesalahan beli bahan makanan, aku beli kelapa parut dengan maksud mau bikin cenil. Lalu dengan PD nya aku kukus kelapa+sedikit garam dikit buat teman sajian cenil donk
Eh… pas aku mau buat cenilnya, aku cari-cari tepung kanji di dapur koq ga nemu, ternyata abis. xixixixixi…

Ya udah, aku bingung ini kelapa parut kukus mau diapain ya? Akhirnya aku iseng deh bikin bolu kukus resep dari Omaku yang tanpa takaran gram-graman, simple banget deh buatnya.

En kebetulan ada pasta cocopandan yang bisa mempercantik tampilan bolu kukusnya. ya udah, jadi deh bolu kukus kelapa pandan. dengan sedikit kriyes2 di dalem bolunya. kriyes2 kelapa parut.

Oh ya, ini bolu kukus kuno … jadi aku ga masukin apa2 biar mekar getu. Eh emang kalau mau mekar kudu tambahin apa siy?
tapi ini bolu empuk siy. en bikinnya simpel banget, ngaduknya en nyiapin bahannya paling sekitar 15 menitan, kalau kukusnya sekitar 35menit.

oh ya, aku bikinnya cuma dikit, daripada ga abis, mendingan bikin dikit aja.

langsung aja deh biar ga lupa

Ingredients:
(semua 1:1:1 = telur : gula : tepung)

– 1/2 cangkir telur (kemarin cuma 2butir telur)
– 1/2 cangkir gula
– sejumput vanili bubuk (biar telur ga amis)
– 1/2 cangkir tepung terigu (ayak)
– sedikit pasta cocopandan
– sedikit kelapa parut yang sudah dikukus dengan sedikit garam
(bisa diganti dengan kelapa parut sangrai) kurang lebih seperempat cangkir kelapa parutnya

Directions:

1. kocok telur + gula + vanili sampai mengembang.
2. masukkan terigu dan kelapa parut (bergantian) sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai spatula ke dalam adonan telur. Aduknya searah biar mengembang dan kue tidak bantat, udara masih ada
3. sisihkan 1/3 bagian adonan, dan yang 1/3 bagian ini diberi sedikit pasta coco pandan biar berwarna pink.
4. masukan adonan putih dan pink bergantian ke dalam cups kukusan (loyang cup udah dikasih mentega dan ditaburi tepung agar tidak lengket)
5. kukus sekitar 35menit atau sampai matang
6. hidangkan sebagai teman minum teh atau maen MP ^_^v

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Kue, Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s