Cah Brokoli Jamur Saos Tiram

Kemarin sabtu pas ada acara kumpul-kumpul anak MPers di rumahku, aku membuat 3 buah macam masakan, yaitu pastel tutup, sop bola ayam udang, dan sayurannya Ca Brokoli Saos Tiram. Nyummy.

I really love brokoli jamur ini, rasanya sedep deh dan brokolinya masih kriuk. Langsung aja ke resep ya. Mudah koq, mayan daripada beli di chinese food resto, mendingan buat sendiri 🙂

Bahan :
– brokoli seger yang besar (potong2 sesuai selera)
batangnya dikupas hingga dalamnya yang empuk diambil. Dalamnya dipotong-potong menyerong
– jamur hioko/shintake 2-3buah, di potong2 kecil. (jamurnya kalau kering, direndam air dulu sampai lunak)
– Bawang putih 3-4 siung (dikeprak, cincang kecil)
– minyak goreng secukupnya buat tumis bawang
– minyak wijen (1 sendok makan, mau lebih dikit gpp)
– saos tiram (2-3 sendok makan)
– tepung maizena (2-3sdm, diencerkan dengan sedikit air)
– kecap asin secukupnya, merica secukupnya
– air

Cara :
– rebus brokoli sebentar saja di air mendidih, lalu langsung tiriskan dan siram air dingin. Dengan cara ini maka brokoli hilang bau langu nya dan mematikan kuman/ulet dan brokoli teteup kriuk pastinya. Sisihkan
– tumis bawang putih dengan minyak goreng dan minyak wijen sampai wangi
– masukkan jamur lalu tumis sebentar, lalu masukkan saos tiram dan kecap asin. tumis lagi
– masukkan brokoli, lalu tumis.
– masukkan air sampai semua agak terendam, kasih merica, didihkan air
– setelah mendidih, cicipi rasanya, kalau sudah ok, masukkan larutan maizena sampai kuah mengental
– angkat dan hidangkan panas2, dan dinikmati ^_^v

*tips : jangan numis brokoli lama2 biar masih kriuk*

So ini lah penampilannya:

brokoli jamur saos tiram

*diambil pake hp potonya*
nyiapin bahan en masaknya paling ga ada setengah jam koq 🙂

*tips lain :
Kalau mau tambah udang atau ayam di masakannya, makin nyummy juga loh.
udang / ayam di tumis sebelum numis jamur atau setelah numis bawang putih dan setelah itu langsung tambahkan saos tiramnya, setelah matang/berubah warna, baru masukkan jamurnya.

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Masakan, Resep and tagged , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Cah Brokoli Jamur Saos Tiram

  1. danirachmat says:

    Bahaya ih postingan ini dibaca malem-malem. Bikin laper… 😀

  2. innaputri says:

    inna suka kesulitan kalo lagi masak brokoli. hehhehe. akhrnya lebih sering dikukus mbak, tp emang ga lebih dari 5 menit. kalo dibanding ama yng diatas ternyata kurang dari 1 menit yah.

  3. seniorjowo says:

    ***rebus brokoli sebentar saja di air mendidih, lalu langsung tiriskan dan siram air dingin. ***
    Aku masukan keai mendidih 1/2 Menit kurang lebih, dan angkat titiskan , masukan ke air es….jadi hijaunya masih Kriuk…..Vitamin tak banyak yang hilang…Salam masak sehat Feb..

  4. BuPeb says:

    Sama2 Ki, sesuai permintaan :p
    en skrg aku lg nunggu resep mba amel niy, yang puding susu 🙂

  5. sikiky says:

    Thank you bufeb

  6. myfickleboon says:

    *melapaaaaarr*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s