Resep: Ayam Asam Manis


I love great foods, I love chinese foods, but I don’t like spent big money to eat them. *Big grin*

Gpp dibilang pelit, namanya jg emak2. Hahaha. Kudu pinter2 nyiasatin makanan en duid. Setuju?
Nah salah satunya aku suka makan ayam asem manis, atau ikan asem manis, udang asem manis? Terserah deh mau daging apa. But hari ini aku punyanya ayam. So posting resep Ayam asem manis ya.

Dulu2, aku selalu gagal bikin masakan ini, entah salah dimananya. Nah abis gugling2 kanan kiri, ternyata kekurangannya ada 2 bahan yg dulu aku ga pakai, yaitu tepung maizena (buat tepung gorengnya) dan cuka (buat saosnya). Tanpa 2 itu, terasa beda sama masakan resto, setelah nemu 2 kunci itu, milih bikin sendiri deh, lebih puas en murah 😀

Langsung ke resep ya:

Bahan Gorengan:
– 1/2 Ayam difillet, potong kecil2
– 2 – 3 bawang putih dikeprak, cincang kecil
– 1 telur
– tepung maizena dan tepung terigu ( perbandingan = 2 maizena : 1 terigu)
– garam secukupnya

Bahan saos:
– 1 tomat
– saos tomat (1botol kecil?)
– 2 siung bwg putih, keprak cincang kecil
– 1/2 bawang bombay
– nanas secukupnya (potong kecil)
– 1/2 wortel (potong korek api)
– 1-3 sdm cuka
– 3 sdm gula atau secukupnya
– garam secukupnya
– paprika (optional, aku ga pake krn susah nyarinya di tukang sayur 😀 )
– 2-3 sdm maizena (dilarutkan dg sedikit air)
– kurang lebih air 500ml

Cara membuat:

Gorengan :
– rendam ayam fillet yg sudah dipotong kecil2 dengan bawang putih dan garam secukupnya di air cemek2 (secukupnya) diamkan minimal 1 jam
– tiriskan air rendaman, campur daging ayam di telor (kasih sedikit garam en merica biar gurih)
– gulingkan ayam di campuran tepung maizena dan terigu. Aku pakai tepungnya buat 1/2 ayam: 4 sdm muncung maizena + 2 sdm muncung terigu
– goreng diminyak panas api sedang, goreng hingga kecoklatan, tiriskan

Saos:
– tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi (lebih enak pakai mentega, atau minyak goreng + minyak wijen sedikit)
– masukkan tomat tumis hingga layu
– masukkan wortel, tumis sebentar
– masukkan air, masukkan saos tomat hingga warnanya merah seperti yg diinginkan (yg bikin ngiler)
– masukkan gula dan garam, didihkan
– cicipi dulu, kalau manis dan asinnya dah ok, masukkan nanas, diamkan sebentar. Lalu masukkan cuka, cicipi lagi, apakah dah kecut (asam) seperti yg diinginkan.
– kalau rasa udah ok semua, masukkan larutan maizena, aduk hingga kental.
– matikan api.

Selanjutnya, hidangkan gorengan ayam dibubuhi saos asem manis. En nyummy 🙂
Silakan dinikmati… Jangan ragu buat nambah lagi 🙂

BTW, overall, terlihat ribet bikinnya, tapi suer… Ini mudah loh. Yang lama malahan goreng ayamnya, soalnya tepung maizena ternyata susah dibikin kecoklatan :))

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Masakan, Resep and tagged , , . Bookmark the permalink.

72 Responses to Resep: Ayam Asam Manis

  1. enkoos says:

    sausnya oke juga. Tapi di sini gak ada saus tomat. Adanya ketchup.

  2. faziazen says:

    biasanya sii goreng ayamnya pake tepung bumbu..enak mana?

  3. cawah says:

    persis kaya masakan di restorant favorit disini..gleekkkk….rasane mesti uenakkk yooo

  4. redini says:

    ikan sarden di asem manis juga enak looh. blom nyoba yg pake cuka, soale aku dan cuka tidak bersahabat baik *nyengir*

  5. odex1987 says:

    *ngeceees… ngeceeess*

  6. cap ya BuPeb…., kayaknya mudah nih….

  7. danirachmat says:

    Wuidih. pagi-pagi postingan makanan. Jadi laper beneran euy.
    Kapan-kapan nyoba ah… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s