Balada Sirup Jahe

Lama tak menulis di blog… sepertinya aku terlalu sibuk dengan pikiranku sendiri dan sekarang saatnya melemaskan jari jemari kembali.

Balada sirup jahe sebagai judul, sebenarnya mungkin agak hiperbola, mungkin judulnya lebih tepat : Kenangan Sirup Jahe kali ya… tapi ga pa pa deh, namanya judul kan dulu menarik perhatian pembaca… hahahaha…..

Sirup jahe… mungkin atau aku ga tau ya, siruup jahe sepertinya tidak dijual di market-market, rata-rata yang ada minuman jahe yang sudah jadi atau jahe yang sudah diolah jadi panganan/jajanan pasar yang sudah jadi seperti wedang ronde, kembang tahu, dan sebagainya.

But aku sudah mengenal sirup jahe sejak aku kecil dan aku suka banget sama sirup ini, terutama sirup jahe buatan almarhum Omaku. Dan aku hanya bisa merasakannya setahun sekali saat mengunjungi Oma di semarang sama mamiku.
Sirup jahe yang aku minum pagi ini, mengingatkanku pada sirup jahe buatan beliau dan mengingatkanku pada ‘bau’ rumah Oma yang khas. Iya.. KHAS JAMU. Karena si Oma adalah penjual jamu cap Dua Putri Dewi, sebelumnya beliau menjual jamu Ayam Jago. Kalau mau bayangin kayak apa toko/warungnya, ya mungkin hampir sama seperti warung jamu Sido Muncul jaman sekarang. 2 merk yang aku sebuti sebelumnya, mungkin hanya lebih dikenal di daerah semarang dan sekitarnya. (nyebut merk gpp kan?)

Tapi rumah Oma emang khas loh, rumah besar jaman dulu, di pinggir jalan, trus ada warung jamunya yang selalu ramai dikunjungi pembeli setianya. Iya, selalu ramai, apalagi saat aku kecil dulu. Mungkin karena jamu buatan Omaku tidak terasa pahitnya, karena racikan Oma tuh khas banget jamunya, tangan Oma tuh pintar buat masak dan racikan, semua yang beliau buat rasanya enakkkkkk. Beliau membuat sendiri sirup jahe dan sirup asam sebagai bahan racikan jamunya. I miss her…
Beruntunglah aku sebagai cucunya, pernah diajari cara membuat sirup jahe dan sirup asam. Namun selama ini yang pernah aku praktekkan hanya sirup asam, sirup jahe belum pernah, tap semalam aku membuatnya. dan meminumnya hari ini mengingatkanku pada racikan sirup jahe si Oma. Senangnyaaa bisa buat sirup jahe dan bisa kembali ‘merasakan’ kenangan ini.

BTW, sirup jahe banyak khasiatnya juga loh, seperti yang sudah diketahui umum yaitu menghangatkan badan dan tenggorokan, meredakan flu, dan yang pasti kalau aku dulu… minum sirup jahe meredakan mabuk perjalanan. Maklum dulu aku dari Semarang ke Cirebon selalu naik mobil travel sama mami. Nah, sangu/bekal aku dari semarang kalau balik ke cirebon selalu deh sirup jahe yang ditaruh di botol. enakkkk banget buat nemani perjalanan. Ih.. beneran jadi kangen….

Nah kemarin, berhubung suami dah lama kepingin makan wedang ronde, dan aku pun kepingin serta si nathan juga doyan banget sama ronde, ya udah, akhirnya aku buat ronde deh kemarin mayan buat ngobatin kangen wedang ronde. Eh ternyata malam-malam, buletan ronde dah habis, eh air jahenya masihhh banyak. Kebetulan air jahenya lagi pedes banget, jadi daripada kebuang jahenya, aku buat deh sirup jahe malam-malam. Caranya? Mudah koq

Bahan :
– Jahe yang banyak di iris-iris sekitar setengah centi lalu di keprak.
– gula merah asli di iris-iris biar mudah larut
– gula putih

Caranya:
– rebus jahe pakai air secukupnya sampai wangi jahe keluar , masukkan gula merah dan gula putih
icipi rasanya sampai manisss (karena sirup kan ^_^v) lalu rebus sampai agak kental.
– setelah dingin, tuang disirup kedalam botol sirup atau tempat yang lain, masukkin kulkas deh.
– hidangkan saat diinginkan, bisa di seduh pakai air hangat/panas, atau air dingin di kasih es batu. enyakkkkk….

Maaph, ga kasih takarannya, kemarin buatnya kira-kira sendiri ya maklum, sisa air jahe buat wedang ronde koq.. xixixixi…

Yang pasti.. aku suka sirup jahe yang kuminum hari ini …
*muji diri sendiri bole donkkk 😛

Soal resep wedang ronde atau sirup asem, next time aja ya kalau niat ^_^v barangkali ada yang mau tahu (keGRan dulu kali-kali ada yang nanyain) hahahaha….

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Resep, resep lain and tagged , . Bookmark the permalink.

85 Responses to Balada Sirup Jahe

  1. Ikakoentjoro says:

    Kalo pas lagi dingin-dingin, kayaknya enak tuch srupat sruput wedang jahe 🙂

  2. mintarsih28 says:

    priktis juga resepnya bu, akan aku coba nih

  3. welly says:

    sirup jahe dan wedang jahe sama ga ya? kl di rumah sering buat wedang jahe palagi kl dingin enak dibadan

  4. Agamfat says:

    kalau amalam aku suka beli teh jahe dari angkringan dekat rumah. istriku susu jahe

  5. jokeray says:

    wahh.. jadi kepengen, saya belum pernah minum yg beginian..untuak awal, marilah kita coba yang sachetan..#anak instan

  6. Ntar tak cobain membuat sirup jahe, sambil ngintip persedian jahe di dapur… Heheheh

  7. Budi Suwoko says:

    ^^ kalau pas lagi di trenggalek biasa jg bikin sirup jahe sampai kental, terus dikasih kopi.. Di tenggoroan serasa membara.. 😀 mantap mbak..

  8. efratadenny says:

    Lama kali tak tulis blog hehe
    Enak banget kayanya kalau lagi malam dingin minum jahe.

  9. ninasuhari says:

    Jadi inget mbak sinung yang ber-jahe-wangi di MP.. hehe 😀

  10. rayaadawiah says:

    asikasik,,, dapat resep baru..
    ahe konon katanya mampu membersihkan sisa2 darah menempel d dinding rahim pasca menstruasi..

    jahe apa kunyit ya?

  11. novianadewi says:

    Feb, itu buletan ronde dibikin dari tepung ketan ya? Dicampurin apa?
    Lagi pingin bikin wedang ronde nih. Kebetulan punya enting-enting gepuk buat isiannya.

  12. danirachmat says:

    Baru tahu Bu kalo ada sirup jahe. Yang umum emang wedang jahe sih ya. Kapan-kapan bikin ah. Thx ya Bu.. 😀

  13. anotherorion says:

    nek lagi males ngopi tapi pengen anget2 biasane aku yo njahe sik mbak

  14. jadul1972 says:

    Jahe cocok buat pelega tenggorokan

  15. ayanapunya says:

    di sini kayaknya minuman jahe-jahe gitu kurang begitu populer

  16. eka says:

    Bupeb pakai jahe merah biar nendaaang..

  17. cindycyrilia says:

    mamaku sering buaaat satu teko gede.. hihi

  18. tinsyam says:

    mbahku ngajarin kalu mo bikin masakan dari rempah, dibakar dulu.. biar wanginya keluar.. jadi jahe suka ku bakar dulu sampe wangi baru geprek, dengan kulitnya loh.. dan langsung rebus, dengan kayu manis juga cengkeh, dan cuma pake gula merah..
    jadi kangen juga sirop jahe.. di rumah bilangnya juga sirop jahe loh..

  19. Kalo gerimis malam paling enak kalo minum wedang ronde.
    Bahas resep sekoteng dong.

    • BuPeb says:

      hahahaha.. haduh.. knapa resep skoteng… adanya ronde niy
      eh tapi skoteng kudunya sama ya, air jahe + roti tawar + kacang tanah + kolang kaling + sagumutiara + susu kental manis dikit… coba ah kapan2

      • Iwan Yuliyanto says:

        Sipp…. lha itu khan mnuman khas malam.

        eh, pas jalan-jalan ke mall (di Batam) saya baru tahu lho kalo Sekoteng itu di-franchise khan. Belum sempat nyoba sih.. apa rasanya sama dg yg biasa abang sekoteng lewat di depan rumah.

        • BuPeb says:

          iya, ada koq franchise skoteng. Rasanya.. skarang kl yg lewat depan rumah kadang ngeri ama kebersihannya aja kali ya.. kalau franchise siy kudunya lebih bersihan… kudunyaaa.. tapi ga tau juga.. wkwkwkwk.

          rasanya siy sama aja koq.

          • Makanya paling aman memang bikin sendiri. Rotinya jug dijamin gak kadaluarsa.

            Habis sirup jahe, wedang ronde, sekoteng, nahh.. satu lagi yg memanfaatkan air jahe.. yaitu Bandrex. Itu juga minuman wajib para kalongers.

            • BuPeb says:

              eh eh.. bandrex aku belum tau tuh racikannya apa aja 🙂
              aku yg pernah iseng nyoba sendiri en bikin tahan melek semaleman tuh : kopi + jahe+ sereh + kencur direbus barengan. suer.. langsung melekkkk . hahahaha

            • Iwan Yuliyanto says:

              Bandrex patut dieksplorasi tuh 🙂

              wah… kopi + jahe+ sereh + kencur itu aku belum pernah coba bikin sendiri, biasanya sih yg sudah tersedia instan di toko2: kopi + jahe. Tapi gak ngefek, tetep ngantuk kalo bodi pengen tidur, hahahaha

            • BuPeb says:

              wah, kalau instan mah ga ngefek, ga brasa. coba bikin sendiri deh.
              kudu kopi asli, direbus sama jahe en sereh (kencur optional)… sampek kayak keluar minyaknya. asli… mantep

            • Iwan Yuliyanto says:

              Kalo bupeb sempet ntar bikinin tutorialnya dong… request tambahan ya, hehehe… kebetulan akhir tahun ini bakal berpacu melawan kantuk, ngejar deadline proyek.

            • BuPeb says:

              waduh dah lupa2 inget. dah lama ga buat.
              ya kira2 sendiri mas. saran : pake kopi aceh/lampung. wkwkwkwk…
              ya rebus air (buat segelas) + jahe (keprak) + sereh sampek mendidih en wangi. trus masukin kopi 1 sendok , masukin gula (sesuai selera) didihkan bentar. trus angkat, saring.
              gitu aja siy

            • Larasati says:

              boleh neh resep bwt melek nya bufeb….makasiihh

            • BuPeb says:

              sama2….

              emang mau melek gimana ras?

            • Iwan Yuliyanto says:

              begadang itu gak boleh lho kata bang haji oma

            • BuPeb says:

              bukannya liriknya: “bergadang ayo kita bergadang?”
              xixixixi…

            • Iwan Yuliyanto says:

              lho salaaah… yg bener:
              “begadang jangan begadaaang…”

            • BuPeb says:

              hahahaha…. maklum bukan fansclubnya bang rhoma :p

            • Iwan Yuliyanto says:

              entah kenapa kok tadi rasanya diriku kemasukan Om Agus Kribo waktu nge-reply ini 🙂

            • BuPeb says:

              huahahahaha…. st12… mirip tuh…. :p

  20. nyoba ah…
    nunggu resep sirup asemnya ya BuFeb

  21. yantist says:

    Pengin nyobaaa… *duh lamanya ga minum jamu, jadi pengiiin* 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s