Resep Sop Iga Sapi

Suer… enak bangettttt……
aku bikin ini gara2 ga puas makan sop iga sapi di luar, semangkuk isi 3 iga (banyak tulangnya) harganya 20rb plus nasi
eh kemarin ke pasar iga sapi sekilo 50rb, embat dehhhh. Bisa jadi berapa mangkuk tuh 1kg iga? yang pasti aku makannya puassssss bangettttt…..
bumbunya … beli yang dah dibungkusin buat sop tapi bukan yg dah dihalusin, tapi yang masih berbentuk buah2an/biji/kembang segar.

Nah soal resepnya? pake takaran kira2 aja yaaaa… pleasee.. abisnya kmrn aku ga ngukur πŸ˜›
Tapi suer ini enak, nathan aja sampek nambah, soalnya dagingnya empukkk
mungkin jauh lebih enak kalau ditambah sumsum… tapi bisa fatty banget… halahhhhhh

Sop Iga Sapi

so nyummy

Bumbunya (semua takaran kira2 aja ya, kalau diicipi kurang rasanya, tambahin aja deh, *kokinya ga beres nih*):

– cengkeh (5-6 kuntum)
– pala (kurleb 2 butir gede kali ya) -> Haluskan pala
– pekak (3-4 bunga)
– kayu manis (hmmm 3-4cm? )
– merica butiran (1 sdm)
– garam, gula secukupnya
– iga sapi 1kg
– daun bawang, seledri
– 2 tomat (potong bagi 8)
– 4 wortel (potong2 ala sop)
– 3-4 kentang (potong2 kotak)
– 4-5 bawang putih
– bawang goreng untuk taburan

cara:
– rebus iga sapi sampai matang, kalau kuahnya berbuih, ambil buih2 dan minyaknya, agar kuah nya agak bening (aku ga pake cara rebus en buang rebusan pertama. Cukup diambilin buih2nya biar brasa kaldunya)
– haluskan merica, bawang putih, tumis bumbu halus, masukkan ke rebusan iga yang dah matang (walau belum empuk dagingnya)
– masukkan semua bahan rempah (pala, cengkeh, kayu manis, pekak) dan garam dan gula, tunggu sebentar
– masukkan potongan wortel dan kentang, trus tomat. Aduk2. Β Cemplungin daun bawang en daun seledri. Kecilkan api, tutup pancinya
rebus dengan api kecil sampai daging empuk (kemarin aku sampek 1 jam ada kali ya ngerebusnya)
– cicipi sop, kalau ada yang kurang rasanya, tambahin deh bumbunya. Mau lebih mantap boleh ditambahi kaldu sapi blok.

hidangkan panas2 deh… nyummy banget dah….
kata mbakku dirumah: “Rasanya mirip yang dijual-jual bu” ahahayyy….
oh ya, jangan lupa ditaburi dengan bawang goreng.

Kunci rahasia enaknya niy sop iga… KUDU BRANI BUMBU REMPAH. nyumm… en KUDU PERCAYA LIDAH SENDIRI… xixixixixixi

Mau? Cobain aja bikin sendiri… xixixi

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Masakan, Resep and tagged , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Resep Sop Iga Sapi

  1. Bali Tour says:

    nampak sedap
    terima kasih atas resepinya πŸ™‚

  2. danirachmat says:

    ah ngiler lagi deh pagi-pahi…

  3. Agamfat says:

    pekak (3-4 bunga) itu apaan sih?

  4. metamocca says:

    Jadi lapeeerrrr
    😦

  5. Ini biasa makanan khas Sulawesi. Aku demen juga iga sapi bakar.

  6. awwasss… kolesterol !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s