Aku Turun Berat Badan. Why?

Maybe ini portingan terakhirku di taun ini, dan still di kantor donk, kerja *sedihnya*
Bentar lagi kita bakalan say good bye sama 2013.

Banyak kejadian yang gw alami taun ini, dari pasang surutnya idup gw, sampe gw bisa turun bb 10 kg an taun ini. Amazing? ga juga… krn dalam postingan kali ini, gw pengen ngomongin soal turunnya BB gw. karena, banyak banget yang tanya.

Awalnya gw pikir gw turun BB karena gw ngurangin makan, makan pagi dikit, siang makan biasa en malem makan dikit lagi. Pernah juga iseng nyobain OCD, yang ada seminggu gw langsung tepar. Tapi dengan pengurangan makan aja, berat badanku turun pelan2 tapi pasti tiap bulannya, turun 2kg – 2kg… Dan pada puncaknya, gw tau ternyata penyebab kurusnya gw bukan karena gw ngurangi makanan, tapi karena suatu masalah

Suatu malem, sekitar awal November, sehabis makan malem, mendadak kakiku bengkak kayak bengkaknya ibu hamil, tapi, aku kan lagi ga hamil? Paniklah daku. Belum lagi jantung berasa berdebar-debar, langsung donk aku ambil tensi mekanik yang aku punya. Tensiku normal, tapi pulse jantung yang standardnya sekitar 70 an/menit, bisa menjadi 110/menit. WOW….. Langsung panik donk aku, tanya ke cici ku yang di flores (doi kan dokter) langsung aku disuruh cek darah besoknya. (Standard cek darah kayak penyakit diabet dan jantung- lupa apa aja waktu itu). Then… esok paginya, aku langsung cek ke klinik deket rumah *dokter langganan gw yg OK en baek.

Nah pas mau cek darah, pas ngobrol2 en konsul sama si dokter, pas beliau denger pulse jantungku cepet en kaki bengkaknya pas malem, en pagi gpp, aku disuruh cek kelenjar tiroidnya sekalian. Dan… sorenya pas ambil hasil lab, ketauan… aku ternyata menderita Hypertiroid. That’s way… aku makin kurus tiap bulannya. Belum terlalu parah, namun kata dokternya (yang ga mau dibayar biaya konsulnya) aku dah ngidap penyakitnya lumayan lama. FYI aja, my mom en my dad pernah ngidap penyakit yang sama juga.

Well, aku disuruh lah sama si dokter langgananku ke dokter spesialis penyakit dalam, karena prosedurenya kl dokter umum ga bole ngobati untuk awalnya, tp nanti2nya mah balik lagi ke dokter umum aja yg murah.

Dah, ceritanya segitu aja. hehehehe…

Nah.. biasanya, tiap gw bilang kalau gw kena hypertiroid, banyak orang yang bertanya2, apa sih itu? En for information aja, ternyata, banyak juga loh orang yang mengidap penyakit ini juga, namun ga sadar.

Hypertiroid itu menyebabkan metabolisme tubuh bekerja keras dengan cepat, jadi pembuangan lebih cepat, pembakaran tubuh juga lebih cepat, pokoknya body jd lebih aktif dan ini juga menyebabkan stress bertambah dan bikin sering marah2 *gw marah2 ga ya? ga tau deh πŸ˜›

Yang pasti, ciri2 yang ku alami sendiri dan itu salah salah satu ciri yang utama di hypertiroid yaitu : jantung sering berdebar, kurus walau makan banyak, en tangan gemeteran. Soal gemeteran yang mirip tremor, ini dah gw rasakan sejak bbrp minggu terakhir sebelum kaki bengkak, terutama saat jalan2 liburan sama keluarga di awal bulan november. Aneh, tiap kali pasti brasa badan dan tangan gemeteran, aku pikir krn capek, karena disana kudu jalan kaki terus. Well.. ketauan deh penyebabnya krn hipertiroid ini.

Hipertiroid ini bisa sembuh, namun lama dan kudu minum obat teratur tiap harinya. DAlam proses penyembuhan dari hiper bisa menjadi hypo, kalau sudah hypo obat akan dikurangi dosisnya dan akhirnya bisa menjadi hiper lagi dan terus diobati lagi.. dan sampai akhirnya setelah naek turun, lama2 akan ketemu titik stabilnya (seperti gerakan bandul). Hal ini bisa berlangsung sampe 2taunan.

Balik ke keadaanku, yang pasti, setelah aku mulai rutin minum obat untuk hypertiroid (PTU) aku mulai brasa enakan badannya, ga gemeteran lagi, ga berdebar2 lagi. tapi ya itu.. kudu rutin minumnya.

Well, good news nya, gara2 sakit ini, aku jadi kurusan… xixixixi… gimana kaga, usaha berat2 ga turun2… skrg turun deh. Sekarang dah stabil sih… mayan deh, berat badanku jadi normal kembali.

BTW, cuma ingetin, jangan minum obat diet yang ada tiroidnya ya.. buat yg mau kurus, ciri2nya badan jadi aktif kalau minum obatnya. Hyper tiroid ini bahaya, gimana kaga, metabolisme berantakan, jantung juga bisa kena. Kalau buat lansia, hypertiroid juga bisa menyebabkan gagal jantung. hiii.. Thanks God gw masih disayang Β krn ketauan en masih bisa diobati.

Ternyata kurusnya Β gw keliatan banget ya? kl diri sendiri mah kaga brasa, tp orang2 yg liat Β en dah lama ga ketemu selalu komennya : “Kurusan Feb!” en gw cuma bisa cengar cengir. Tp gpp, kurusnya Β gw ini ideal koq beratnya, sesuai dg BMI (Body Mass Index) kalau dulu emang dah overweight. Tapi… mo gimana aja gw tetep cakep kan? *ditoyorRameRame.

kiri dan kanan atas, foto baru. kanan bawah April'13

kiri dan kanan atas, foto baru. kanan bawah April’13

kiri foto April'13, Kanan awal Desember'13

kiri foto April’13, Kanan awal Desember’13

Dah ah.. gitu dulu aja… *sekalian narsis πŸ˜›

‘Salam
@Bu_Peb

 

Ohya… hipertiroid ini adalah hormon, penyakitnya ga menular, en ga tau penyebabnya apa. En… aku ngerasa OK koq ^_^ ga brasa sakit. Cuma ga bole kecapekan banget aja sih ^_^

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Celotehan BuPeb, Lain-Lain. Bookmark the permalink.

36 Responses to Aku Turun Berat Badan. Why?

  1. zulfikar says:

    Pernah gak sih berhenti minim PTU.sekitar 2-3 hari? aku udah cek 2 bulan lalu, tiroidku udh stabil, beratku udh naik, tidur udah nyenyak, tapi, gejala lain seperti gampang emosi, kalo nafas masih sesak.Trus 2 hari yg lalu sy udh gak minum PTU. Dan mudah2 an gak naik lagi

  2. Turun 10kg hebat euy, aku mau nurunin 5kg aja berat nya minta ampun. Baru turun 3kg naik lagi dan ngak kelar2 πŸ™‚

  3. Kalo aku sih maunya turun sgitu mbak, tp kalo bs bkn krn sakit ya #ketuk2 meja
    OCD udah turun 16 Kg, masih target 10 kilo lagi, hehehe
    btw, klo bisa makannya dibagi porsi kecil 5 kali sehari mbak, biar gak defisiensi gizi,
    Inangku Sp.Pd n kena hypertyroid juga wkt early menopouse, makanan yg paling bagus itu katanya keluarga kol, macam kol ijo, kol merah, radicchio, brokoli, kembang kol dll…

  4. debapirez says:

    lebih awet muda lah hehe….

  5. Pypy says:

    Happy New Year Bu Peb dan keluarga πŸ™‚ Semoga di tahun ini sudah sehat dan pulih lagi. Amin πŸ˜€

  6. ndableg.com says:

    met tahun baru, bufeb!
    sehat dan sukses selalu ya..

  7. ndableg.com says:

    met tahun baru, bu!
    moga2 sehat dan sukses selalu menyertai.. πŸ™‚

  8. Arman says:

    moga2 cepet sembuh ya hypertyroid nya….

  9. eddyjp says:

    Ntar berat badan bakalan balik ke titik awal lagi. kadang bisa naik lebih banyak malahan πŸ™‚

  10. Semoga lekas sembuh dari Hypertiroid ya, bu Peb.

    *Do’a tulus di penghujung tahun.

  11. bawangijo says:

    Beda banget penampilannya, sama aku kurusan siapa? Hehe..

  12. Inge says:

    Satu temanku juga menderita penyakit ini. Katanya sih dia pertamakali kena gara2x stress oleh mantan pasangannya. Ibunya juga menderita tyroid ini, hanya gak tahu apakah yg hypo atau hiper.

    Kalau temanku stress, maka mmg bawaannya marah2x. Dia kalau tdk minum obatnya, akan kurus. Tapi dia pelan2x kurangi minum obatnya krn gak mau bergantung pada obat.

    Kalau gak salah yg kena penyakit ini, baiknya jgn sering2x begadang ya?

    • BuPeb says:

      yang pasti sih… ga bole kecapekan ^_^ jadi kl bergadang kan bikin capek en naekin stress biasanya Inge πŸ™‚
      Met Taun Baru Inge… ^___^

      BTW, semua ciri2nya emang bener koq.

  13. museliem says:

    semoga lekas sembuh yah bupeb….

  14. danirachmat says:

    Eh iya kurusan BuPeb. Dari pertama kali kita kenalan dulu *jiahbahasanya
    Lama tak bersua. Setelah lama sayah tak aktif ngeblog kok jarang-jarang lihat update dari dirimu. Hihihi.
    Semoga sehat selalu dan segera ketemu titik keseimbangannya ya.. πŸ˜€

  15. novianadewi says:

    Eh, lupa…. selamat taun baru ya…

  16. novianadewi says:

    Yang pasti tambah ayu sekarang. Foto yang baju orange itu aku suka deh.
    Ini jujuuuuuuuurrrrr bukan lagi nyela!!!!

    Ternyata itu toh penyebab kurusnya. Mudah-mudahan 2014 lebih sehat ya….
    Diarenya udah sembuh?

Leave a Reply

