Resep Donut Kentang Mudah

Kenapa mudah? karena takarannya ga pake timbangan gram, masaknya ga perlu oven (ya iyalah, donut kan di goreng) , trus ga perlu pembolong donat, ga perlu mixer ^_^

Jadi, kemarin minggu, aku lagi pengen bikin sesuatu, tapi bingung bikin apa? Selain itu, di rumah ada bbrp persediaan telur yang retak 😦 Masa baru beli dah retak? Hiks… makanya kudu buru2 diabisin deh telurnya. Eh.. pas liat2 kumpulan resep lamaku (dari sma, mamiku dah beliin aku resep2 berupa buklet) en nemu deh sesuatu yang menyantol di hati, walau cuma pake telornya 1 butir doank (sama aja boong feb) hahahaha…

Nah pas liat resepnya, koq pake gram semua? nah loh, padahal timbangan di rumah lagi rusak, gara2 sama ART ku yang lama, tuh timbangan sering ditindihin barang2 ga jelas. T_T . Akhirnya aku cari2 info di mbah gugle, berapa sih kalau gram ke cups? Karena di rumah adanya alat ukur cups doank alias gelas.

Nah ketemu deh, so langsung aja aku bikin donutnya, trus gramnya pake kira2 aja deh, eh jadi juga koq ^_^ ga perlu timbangan cukup pake cups. So langsung aja ya :

donut kentang

donut kentang

Bahan :
– 500 gr kentang dikukus dan dilumatkan halus (kalau ini mah, beli aja di pasar langsung stgh kg, kalau ga beli 1 kg trus dibagi dua deh 😛 )
– 2 cups tepung terigu diayak
– 1 sendok makan atau lebihin dikit gpp dah ragi instan
– 1/2 cups gula pasir (kalau mau agak manis, banyakin lagi dikit)
– 2 sendok muncung mentega lelehkan
– 1 butir telur

Nah caranya :
1. campur tepung terigu dan ragi instan, trus sisihkan
2. kocok telur dan gula hingga kental dan menyatu (aku pake kocokan balon doank)
3. campur kentang yang sudah dihaluskan dan dingin dengan kocokan telur gula, lalu campurkan ke tepung terigu en raginya
4. masukkan mentega/margarin yang sudah dicairkan ke adonan tadi lalu ulenin hingga tidak nempel ditangan
5. diamkan adonan (tutup pake kain) kurang lebih 45 menit hingga mengembang
6. kempeskan adonan, lalu bikin bulat2 kira2 sebesar kepalan tangan. Dan diamkan adonan bulat2 tadi kurang lebih 15 menitan (hingga mengembang)
7. Siapkan minyak untuk menggoreng donat, secukupnya di wajan, panaskan. Saat sudah panas minyaknya, kecilkan api.
8. Adonan yang bulat tadi, dibuat lubang di tengannya dengan menggunakan jari, kira2 1 ruas jari ato lebih. Lalu gorengan adonan donat yg sudah dilobangi tadi, lalu sambil digoreng di minyak, putar2 tengahnya memakai sumpit kayu atau tusukan sate. Saat sisi donut yang bawah sudah menguning, balik lalu goreng yg sebaliknya. Saat kedua sisi sudah menguning, angkat dan tiriskan. Lalu hidangkan . Nyummy.

Untuk atasnya, bisa pake toping, atau dihidangkan begitu aja juga enak koq ^_^
Selamat mencoba ^_^

Adonan tadi kira bisa untuk 20 donut.

Spoiler gambar :

ambil ahhhhh

ambil ahhhhh

Meisesnya di gadoin XD

Meisesnya di gadoin XD

Tips:
– kalau gagal melubangi donutnya, bisa koq di untir2 lalu di goreng, berkreasi aja ^_^ rasanya ga berubah teteup enak, hanya tampilannya aja… jadi kayak kue untir atau donut yg di tusuk … wkwkwkwk
– Atau kalau males bikin donut berlubang, bikin aja yg bulat kayak bola tadi, kalau dah dingin, belah bagi 2 jangan sampe putus, lalu tengahnya di oles selai atau bisa diisi sesuai minat ^_^

 

Gudlak
‘feb

Advertisements

About BuPeb

Seorang BuPeb yang suka ngoceh, suka nulis, suka gambar, suka iseng, suka yang enak, suka yang ganteng, suka yang asik2
This entry was posted in Kue, Resep and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Resep Donut Kentang Mudah

  1. bungakarang says:

    Wah, jd pengen nyoba buat, kykna enak

  2. danirachmat says:

    Kapan lagi bikin BuPeb? sekalian share alamat rumah ya. Kopdar kita dengan saya bertamu dan dikasih donut. Hahaha.. 😛

  3. Pypy says:

    Ahhhh.. Akuhh mauu nyobainnn ahh.. Makasih resepnyaaa bupeebbb 😀

  4. Inge says:

    waktu SD di sekolah dulu kami diajarkan buat donat. dan cara buat lubangnya adlh bulatan adonan yg spt bola ditusuk dgn dua jari dibgn tengah, lalu dgn telunjuk kiri dan kanan diputar2x itu lubang tengahnya. 😀

    kapan2x mau buat ah *kalau gak malas 😀 *

  5. angkasa13 says:

    Renyah renyah gitu ta mba

  6. bookmark ah..
    mau nyobaaiinnn 😀

  7. Si bocah kayaknya nikmat sekali menyantap donat racikan mamanya… hehe

  8. vera says:

    keren abis…..coba aku dikirimin donut-nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s