Resep Donut Kentang Mudah

Kenapa mudah? karena takarannya ga pake timbangan gram, masaknya ga perlu oven (ya iyalah, donut kan di goreng) , trus ga perlu pembolong donat, ga perlu mixer ^_^

Jadi, kemarin minggu, aku lagi pengen bikin sesuatu, tapi bingung bikin apa? Selain itu, di rumah ada bbrp persediaan telur yang retak 😦 Masa baru beli dah retak? Hiks… makanya kudu buru2 diabisin deh telurnya. Eh.. pas liat2 kumpulan resep lamaku (dari sma, mamiku dah beliin aku resep2 berupa buklet) en nemu deh sesuatu yang menyantol di hati, walau cuma pake telornya 1 butir doank (sama aja boong feb) hahahaha…

Nah pas liat resepnya, koq pake gram semua? nah loh, padahal timbangan di rumah lagi rusak, gara2 sama ART ku yang lama, tuh timbangan sering ditindihin barang2 ga jelas. T_T . Akhirnya aku cari2 info di mbah gugle, berapa sih kalau gram ke cups? Karena di rumah adanya alat ukur cups doank alias gelas.

Nah ketemu deh, so langsung aja aku bikin donutnya, trus gramnya pake kira2 aja deh, eh jadi juga koq ^_^ ga perlu timbangan cukup pake cups. So langsung aja ya :

donut kentang

donut kentang

Bahan :
– 500 gr kentang dikukus dan dilumatkan halus (kalau ini mah, beli aja di pasar langsung stgh kg, kalau ga beli 1 kg trus dibagi dua deh 😛 )
– 2 cups tepung terigu diayak
– 1 sendok makan atau lebihin dikit gpp dah ragi instan
– 1/2 cups gula pasir (kalau mau agak manis, banyakin lagi dikit)
– 2 sendok muncung mentega lelehkan
– 1 butir telur

Nah caranya :
1. campur tepung terigu dan ragi instan, trus sisihkan
2. kocok telur dan gula hingga kental dan menyatu (aku pake kocokan balon doank)
3. campur kentang yang sudah dihaluskan dan dingin dengan kocokan telur gula, lalu campurkan ke tepung terigu en raginya
4. masukkan mentega/margarin yang sudah dicairkan ke adonan tadi lalu ulenin hingga tidak nempel ditangan
5. diamkan adonan (tutup pake kain) kurang lebih 45 menit hingga mengembang
6. kempeskan adonan, lalu bikin bulat2 kira2 sebesar kepalan tangan. Dan diamkan adonan bulat2 tadi kurang lebih 15 menitan (hingga mengembang)
7. Siapkan minyak untuk menggoreng donat, secukupnya di wajan, panaskan. Saat sudah panas minyaknya, kecilkan api.
8. Adonan yang bulat tadi, dibuat lubang di tengannya dengan menggunakan jari, kira2 1 ruas jari ato lebih. Lalu gorengan adonan donat yg sudah dilobangi tadi, lalu sambil digoreng di minyak, putar2 tengahnya memakai sumpit kayu atau tusukan sate. Saat sisi donut yang bawah sudah menguning, balik lalu goreng yg sebaliknya. Saat kedua sisi sudah menguning, angkat dan tiriskan. Lalu hidangkan . Nyummy.

Untuk atasnya, bisa pake toping, atau dihidangkan begitu aja juga enak koq ^_^
Selamat mencoba ^_^

Adonan tadi kira bisa untuk 20 donut.

Spoiler gambar :

ambil ahhhhh

ambil ahhhhh

Meisesnya di gadoin XD

Meisesnya di gadoin XD

Tips:
– kalau gagal melubangi donutnya, bisa koq di untir2 lalu di goreng, berkreasi aja ^_^ rasanya ga berubah teteup enak, hanya tampilannya aja… jadi kayak kue untir atau donut yg di tusuk … wkwkwkwk
– Atau kalau males bikin donut berlubang, bikin aja yg bulat kayak bola tadi, kalau dah dingin, belah bagi 2 jangan sampe putus, lalu tengahnya di oles selai atau bisa diisi sesuai minat ^_^

 

Gudlak
‘feb

Advertisements
Posted in Kue, Resep | Tagged , , , , , | 16 Comments

Am I Changing?

Entah aku yang berubah atau sekelilingku? Tapi perubahan itu kurasakan nyata, tapi… entahlah nyata atau sekedar perasaanku saja? Aku susah tersenyum dengan candaan yang telah biasa kudengar, aku susah tertawa melihat candaan yang biasa kulihat. Entahlah.. apa aku berkembang atau aku yang tertinggal?

Seiring dengan waktu dan makin banyaknya pengalaman yang kurasakan, entahlah, perasaan itu tak bisa kusingkirkan. Kadang aku menganggap candaan yang dilontarkan dan ditanggapi oleh yang lain itu adalah hal yang standard. Entah apa karena aku sudah terbiasa mendengarnya atau aku bosan melihat hal-hal yang seperti itu?

Banyak dalam pikiranku yang lebih menyita perhatianku, menyita pemikiranku dan banyak yang lebih penting harus kupikirkan.

Perkembangan diri? Apakah itu yang dapat kujadikan kambing hitam? Tapi… atau memang sudah masanya? Well… entahlah, ku tetap ingin seperti anak-anak, namun candaan yang kekanakan sudah tak menggodaku lagi. Aku ingin berkreatifitas seperti anak-anak, namun… aku ingin menambah ilmu dan menambah pendapatan dan perkembangan diri yang lebih sehingga menyita waktuku.

Sudahlah.. biarlah ini menjadi pertanyaan bagi diriku sendiri.
Yang penting.. ku kan tetap enjoy menjalani hidup… Let it flow… biarkan hidup mengalir membawaku ke hilir.. . dan tentunya dengan berkat dariNya.

Aku kan berusaha selalu, mengikuti jalan yang harus kujalani dengan sepenuh hati. Selalu bersyukur dengan semua pengalaman yang telah kualami.

‘feb

BTW ada sedikit spoiler poto2 one day after valentine ^_^ *kudu eksis* hahahaha

 

 

PhotoGrid_1392611103596

The Men I Love ^_^

PhotoGrid_1392611234392

My Beloved Kids

Posted in Celotehan BuPeb, Lain-Lain | 22 Comments

About Me

Beneran bikin about me? ga juga sih, cuma dah lamaaa banget aku ga nengokin rumah satu ini. Lupa? ga juga, tapi emang lagi sibuk aja. en emang ga ada waktu buat baca blog en nulis. *sedihnya idup ga ya… 
Eh .. sedih? ga juga, aku lagi enjoy aja sih. Enjoy kerjaan en rumah en hidup.

Sejak setaun yll gw banting setir bidang pekerjaan gw, gw sampe saat ini belum merasa bosen ama kerjaan. En ada aja hal baru yang bisa aku pelajari dalam kerjaan gw yg sekarang ini. Enjoy? ya enjoy aja deh, soal mo kerja dimana aja sama aja mnrt gw. Semua ada plus en minusnya. en di tempat skrg ini, bidang gw yg baru ini, gw masih banyak bertemu hal baru en gw merasa kerja setaun disini asih brasa culunnnnnn banget. Ampuh deh, ini krn kerjaan susah apa karena gwnya dodol ya? Ups…

Kerjaan gw bidang apa? hmmm what should I say? karena ini bidang ga terlalu familiar sama org awam kali ya. di bidang IT aja belum tentu, karena gw tau bidang ini sejak gw terjun kesini gara2 dijerumuskan oleh boss gw. So… gw kerja di bidang telekomunikasi, PABX, alias suatu alat/software/ atau apapun yg bisa loe sebut yang fungsinya mengatur panggilan telp, penjawab otomatis, recording, dsb dsb. Bidang yg kesannya kuno, namun tapi jangan salah, bidang ini berkembang terus loh, termasuk juga bidang UC alias Unified Communication. Nah loh… apaan lagi tuh UC? UC tuh suatu cara komunikasi yang melibatkan pembicaraan by phone (bisa dr kompie , lappie, tablet, dsb dsb) dengan video conference, telephone conference, Chattingan, sharing dekstop, sharing persentation, dsb dsb… Nah.. dah bingung belom dengerin eh baca tulisan gw? Udah kan? Apalagi gw yg bari setaon dibidang ini.

Selaen gw kerja di bidang itu, kerjaan gw juga ada software2 untuk membantu kinerja orang2 IT Admin. Ah sudahlah ga usah aku jelaskan lagi software apa aja. 

But… apapun yg gw kudu pelajari, gw sih enjoy aja. saat ini gw posisinya di bagian presales, not sales not tehnik, tapi gw berada ditengah2 kedua devisi itu alias, gw kudu ngerti masalah sales en masalah tehniknya. Nah kan… so harap maklum kl all activity gw di socmed agak2 berkurang (*dan berkurang juga keselebritisan gw T_T  hiks)

WELL, benernya sih, gw cuma mau nulis, kerja mau dimana aja, yaa…. nikmati aja, yg penting ada kerjaan, ada pengalaman baru, ada pelajaran baru en yg pasti ada gaji. Daripada ga dapet gaji sama sekali. huehehehehe….. Walaupun gaji gw cuma numpang lewat, ya syukuri aja deh apa pun yg gw dapetin dalam hidup ini. Amien

Posted in Uncategorized | 25 Comments

Aku Turun Berat Badan. Why?

Maybe ini portingan terakhirku di taun ini, dan still di kantor donk, kerja *sedihnya*
Bentar lagi kita bakalan say good bye sama 2013.

Banyak kejadian yang gw alami taun ini, dari pasang surutnya idup gw, sampe gw bisa turun bb 10 kg an taun ini. Amazing? ga juga… krn dalam postingan kali ini, gw pengen ngomongin soal turunnya BB gw. karena, banyak banget yang tanya.

Awalnya gw pikir gw turun BB karena gw ngurangin makan, makan pagi dikit, siang makan biasa en malem makan dikit lagi. Pernah juga iseng nyobain OCD, yang ada seminggu gw langsung tepar. Tapi dengan pengurangan makan aja, berat badanku turun pelan2 tapi pasti tiap bulannya, turun 2kg – 2kg… Dan pada puncaknya, gw tau ternyata penyebab kurusnya gw bukan karena gw ngurangi makanan, tapi karena suatu masalah

Suatu malem, sekitar awal November, sehabis makan malem, mendadak kakiku bengkak kayak bengkaknya ibu hamil, tapi, aku kan lagi ga hamil? Paniklah daku. Belum lagi jantung berasa berdebar-debar, langsung donk aku ambil tensi mekanik yang aku punya. Tensiku normal, tapi pulse jantung yang standardnya sekitar 70 an/menit, bisa menjadi 110/menit. WOW….. Langsung panik donk aku, tanya ke cici ku yang di flores (doi kan dokter) langsung aku disuruh cek darah besoknya. (Standard cek darah kayak penyakit diabet dan jantung- lupa apa aja waktu itu). Then… esok paginya, aku langsung cek ke klinik deket rumah *dokter langganan gw yg OK en baek.

Nah pas mau cek darah, pas ngobrol2 en konsul sama si dokter, pas beliau denger pulse jantungku cepet en kaki bengkaknya pas malem, en pagi gpp, aku disuruh cek kelenjar tiroidnya sekalian. Dan… sorenya pas ambil hasil lab, ketauan… aku ternyata menderita Hypertiroid. That’s way… aku makin kurus tiap bulannya. Belum terlalu parah, namun kata dokternya (yang ga mau dibayar biaya konsulnya) aku dah ngidap penyakitnya lumayan lama. FYI aja, my mom en my dad pernah ngidap penyakit yang sama juga.

Well, aku disuruh lah sama si dokter langgananku ke dokter spesialis penyakit dalam, karena prosedurenya kl dokter umum ga bole ngobati untuk awalnya, tp nanti2nya mah balik lagi ke dokter umum aja yg murah.

Dah, ceritanya segitu aja. hehehehe…

Nah.. biasanya, tiap gw bilang kalau gw kena hypertiroid, banyak orang yang bertanya2, apa sih itu? En for information aja, ternyata, banyak juga loh orang yang mengidap penyakit ini juga, namun ga sadar.

Hypertiroid itu menyebabkan metabolisme tubuh bekerja keras dengan cepat, jadi pembuangan lebih cepat, pembakaran tubuh juga lebih cepat, pokoknya body jd lebih aktif dan ini juga menyebabkan stress bertambah dan bikin sering marah2 *gw marah2 ga ya? ga tau deh 😛

Yang pasti, ciri2 yang ku alami sendiri dan itu salah salah satu ciri yang utama di hypertiroid yaitu : jantung sering berdebar, kurus walau makan banyak, en tangan gemeteran. Soal gemeteran yang mirip tremor, ini dah gw rasakan sejak bbrp minggu terakhir sebelum kaki bengkak, terutama saat jalan2 liburan sama keluarga di awal bulan november. Aneh, tiap kali pasti brasa badan dan tangan gemeteran, aku pikir krn capek, karena disana kudu jalan kaki terus. Well.. ketauan deh penyebabnya krn hipertiroid ini.

Hipertiroid ini bisa sembuh, namun lama dan kudu minum obat teratur tiap harinya. DAlam proses penyembuhan dari hiper bisa menjadi hypo, kalau sudah hypo obat akan dikurangi dosisnya dan akhirnya bisa menjadi hiper lagi dan terus diobati lagi.. dan sampai akhirnya setelah naek turun, lama2 akan ketemu titik stabilnya (seperti gerakan bandul). Hal ini bisa berlangsung sampe 2taunan.

Balik ke keadaanku, yang pasti, setelah aku mulai rutin minum obat untuk hypertiroid (PTU) aku mulai brasa enakan badannya, ga gemeteran lagi, ga berdebar2 lagi. tapi ya itu.. kudu rutin minumnya.

Well, good news nya, gara2 sakit ini, aku jadi kurusan… xixixixi… gimana kaga, usaha berat2 ga turun2… skrg turun deh. Sekarang dah stabil sih… mayan deh, berat badanku jadi normal kembali.

BTW, cuma ingetin, jangan minum obat diet yang ada tiroidnya ya.. buat yg mau kurus, ciri2nya badan jadi aktif kalau minum obatnya. Hyper tiroid ini bahaya, gimana kaga, metabolisme berantakan, jantung juga bisa kena. Kalau buat lansia, hypertiroid juga bisa menyebabkan gagal jantung. hiii.. Thanks God gw masih disayang  krn ketauan en masih bisa diobati.

Ternyata kurusnya  gw keliatan banget ya? kl diri sendiri mah kaga brasa, tp orang2 yg liat  en dah lama ga ketemu selalu komennya : “Kurusan Feb!” en gw cuma bisa cengar cengir. Tp gpp, kurusnya  gw ini ideal koq beratnya, sesuai dg BMI (Body Mass Index) kalau dulu emang dah overweight. Tapi… mo gimana aja gw tetep cakep kan? *ditoyorRameRame.

kiri dan kanan atas, foto baru. kanan bawah April'13

kiri dan kanan atas, foto baru. kanan bawah April’13

kiri foto April'13, Kanan awal Desember'13

kiri foto April’13, Kanan awal Desember’13

Dah ah.. gitu dulu aja… *sekalian narsis 😛

‘Salam
@Bu_Peb

 

Ohya… hipertiroid ini adalah hormon, penyakitnya ga menular, en ga tau penyebabnya apa. En… aku ngerasa OK koq ^_^ ga brasa sakit. Cuma ga bole kecapekan banget aja sih ^_^

Posted in Celotehan BuPeb, Lain-Lain | 36 Comments

Ngedit Foto [narsis]

This gallery contains 7 photos.

Berhubung 2 hari lagi tumben2an agak senggang so iseng2 deh maenan photoshop. Asli dah lama ga maen photoshop, soalnya kan kerjaan ku yang sekarang sama sekali ga berhubungan sama bidang kreatif. But, sedikit WARNING buat yang ngeliat postinganku kali ini, … Continue reading

Gallery | 19 Comments

Refleksi Akhir Tahun

Ternyata sudah menjelang akhir tahun lagi. Ga berasa waktu cepat banget berlalu. Tapi… banyak kejadian yang terjadi tahun ini.

Peristiwa demi peristiwa terjadi, membuatku banyak berpikir saat ini, apa yang telah kualami selama ini? Mengapa terjadi? dan… apakah seharusnya terjadi atau bisa di tolak semestinya?

Tak dapat ku jawab dengan mudah, bisa saja aku berkelak, itu cobaan yang harus kuhadapi, itu peristiwa yang akan membuatku dewasa, namun.. setelah kucoba kupikirkan lebih lanjut.. benarkah begitu? Nuraniku menjawab… tidak.

Suatu cobaan adalah cobaan, itu adalah untuk mencoba apakah kau tahan menghadapinya, kalau tidak, itu artinya kamu sudah terjatuh. Namun apakah sampai situ saja? tentu tidak, Tuhan terlalu baik bagi umatNya, atau bagi yang tidak berpercaya akanNya, alam semesta dan hidup ini terlalu baik bagi kita. Kita selalu diberi kesempatan terus dan terus untuk memperbaiki diri. Tapi… apakah kita mau memperbaiki diri? Silakan jawab masing-masing.

Hanya sedikit celotehan akhir tahun…
Masih banyak yang harus kuperbaiki.

‘feb

Posted in Celotehan BuPeb, Lain-Lain, Refleksi | 7 Comments

Mau Gambar Siapa?

Pagi ini di salah satu grup whatsappku keluar sebuah pertanyaan dalam gambar, jika yang kamu gambar bisa hidup… siapa yang mau kami gambar?

Setelah mikir… memang ini pertanyaan iseng, namun… aku tak menemukan jawabannya. Siapa ya yang ingin aku gambar?

Tak ada satupun… aktor, tokoh penting, atau siapapun yang terlintas. Mau gambar suami? Sudah ada 1 dan itu sudah cukup. Gambar anak? Ga lah… dah ada 2 yg lucu. Gambar mantan? Buat apa, itu semua masa lalu. Gambar ortu? Masih ada semua, kalau pun sudah meninggal, tak akan aku gambar. Karena semua sudah terjadi.

Jadi? Siapa yang akan aku gambar? Tidak ada. Karena aku sudah memiliki semua yang aku butuhkan. Tuhan tau semua yang terbaik bagi diriku. Dan aku sudah mensyukuri segalanya.

‘Feb
2des’14

Posted in Celotehan BuPeb, Lain-Lain, Refleksi | Tagged | 11 Comments

Resep Pastel Tutup [Kentang]

Ada yang bilang pastel tutup, ada yang bilang sheperd pie, ada yg bilang pastel kentang tutup panggang, apapun namanya, ini salah satu dari makanan fave aku. Dan seperti biasanya, kalau beli pastinya mahal, jadi.. lebih enak buat sendiri.

CYMERA_20131125_122120

Kebetulan kemarin pas buat lagi niat foto2in step by step. Moga2 jelas ya. Tapi… ada satu kekurangan dari resepku kali ini. Soalnya aku ga pakai takaran, semua pakai kira2.
oh iya, kemarin aku buatnya untuk 2 loyang + 8 tempat kecil (1 loyang buat sendiri, 1 loyang buat koko, 8 buat temen kantor suami). Tapi resep dibawah ini untuk 1 loyang doank koq ^_^

Langsung aja ya….

Pastel Tutup untuk 1 Loyang

Bahan :
– daging ayam potong kotak kecil (kira2 banyaknya sebesar tangan digenggam, kurleb 350 grm kali ya?)
– wortel + buncis , potong kotak juga dengan banyaknya kurang lebih sebanyak 1,5 kalinya ayam
– Jamur kuping – potong kecil2 sebanyak setengah ayam
– Susu cair (lebih enak yg full cream) secukupnya
– Bawang bombay 1 buah di potong kecil-kecil
– merica bubuk, pala bubuk, garam dan gula secukupnya
– Mentega 2sdm full
– tepung terigu (kurang lebih 1/2 – 1 cup)
– 600gr kentang
– 2 butir telur rebus (untuk isi)
– 1 butir telur mentah (untuk adonan kentang)
– 1 buah kuning telur (untuk olesan)
– keju parut (optional)

IMG_20131123_082511

Cara : 
1. Kentang dikukus, lalu haluskan selagi panas.
2. Setelah kentang halus, bumbui dengan merica + garam + pala + sedikit gula + mentega + susu (kurang lebih 1/2 – 1 cup susu). Aduk rata, icipi. Susunya ditambahkan sampai kentang lembut (kalis) . Kalau sudah enak, tambahkan 1 butir telur, aduk rata, sisihkan
3. Tumis bawang bombay menggunakan mentega, kalau sudah harum, tambahkan daging ayam, bubuhi sedikit merica, lalu tumis sampai ayam berubah putih. Merica gunanya agar ayam ga amis.
4. Tambahkan ke tumisan wortel dan buncis. tumis sebentar lalu masukan susu sampai berkuah dikit (semua terendam atau cemek2)
5. bumbui sop dengan garam + merica + pala + gula.
6. Masukkan Jamur kuping, lalu aduk, dan rebus semua sampe matang.

IMG_20131123_083737
7. Saat sudah matang, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan kental. (terigu tidak perlu dicairkan dulu). Lalu angkat.
8. Tata adonan isi ke dalam loyang / tempat. kurang lebih isinya 1/3 tinggi loyang
9. iris2 telur rebus, lalu tata di atas adonan isi
10. Tutup adonan isi dengan adonan kentang. Tips: sendokin adonan kentang sedikit demi sedikit diatas adonan isi, setelah semua bagian sudah ada kentangnya, baru atasnya diratakan.

CYMERA_20131125_121808


11. oles atas adonan yg sudah diratakan dengan kuning telur tipis2 (agar kalau matang keliatan coklat cantik)
12. kalau mau, tambahkan parutan keju diatasnya

CYMERA_20131125_122010
13. Panggang dengan suhu 160’C kurang lebih 35 menit atau sampai atasnya kecoklatan. Angkat dan hidangkan

CYMERA_20131125_122120

So… itu aja resepnya, mudah koq, bahan isi buatnya kayak bikin sop, tapi pake susu 🙂 en dikentalkan.

Tips lain : bahan isi bisa diganti atau ditambahkan sesuai selera, kemarin itu, aku tambahi dengan brokoli. Bisa juga ditambah kacang polong dan jagung.

‘febbie, 26 November 2013

Posted in Masakan, Resep | Tagged , , , | 27 Comments

Puding Susu Keju utk Ultah Nathan

Kalau ini bukan lanjutan dari wiken kemarin, tapi ini hasil karya minggu lalu, untuk persiapan ultahnya Nathan 19 Nov kemarin. Seperti tahun lalu, aku bingung , mau kasih apa ke anak2 sekelasnya Nathan, tahun lalu aku kasih puding rainbow, Masa tahun ini puding rainbow lagi? ga kreatif donk?

so karena itu, aku coba browsing2.. eh terdampar ke blognya mba hesti yang posting soal Puding Susu Keju. Why not? So aku coba deh. Sebelum buat yang kecil-kecil untuk dibagikan, aku coba dulu buat sendiri, hasilnya? enakkkk… ini fotonya :

CYMERA_20131110_133301

Puding Susu Keju

 

 

So aku memutuskan untuk membuat puding ini untuk dibagiin ke anak2 temen skulnya nathan. Ini hasilnya :

CYMERA_20131118_084244

Puding Susu Keju

 

Mayan juga loh, buat 100 cup. Hua…
untuk 1 resep yang di posting Mba Hesti, bisa untuk 25 cup puding yg tinggi. tingginya kurleb 10-12 cm.

Untuk warna merah en hijaunya, aku cuma pakai agar berwarna saja. ga pake apa2 lagi. tohk kalau yg agar2 ga ada rasanya walau berwarna.

Ke istimewaan puding ini adalah, rasanya yg krenyes2 dan flanya di bawah. En uenak…

Cara dan Bahannya, langsung aja klik disini ya. Semuanya yang aku buat sama persis koq.

‘febbie

Oh iya ketinggalan, ini loh yg ultah :

Posted in Resep, resep lain | 16 Comments

Resep Sop Iga Sapi Enak

Full rempah. Full Fat. Sabodo teuing, yg penting enyakkkk….

Masih lanjutan dari resep sebelumnya, wiken kemarin aku kerajinan buat bbrp masakan. So, salah satunya sop iga ini. Dulu, aku pernah posting resep sop iga, tapi kayaknya yg dulu kurang mantap, so ini aku posting lagi deh, biar makin mantap.

Resep Sop Iga Sapi

Sop Iga Sapi Nyummy

Langsung aja ya..

Bahan :
– 1kg iga sapi potong-potong dan bersihkan
– 1 sdm merica butir (kalau takut kepedesan, dikurangi)
– 7-8 siung bawang putih
– 2 butir Pala
– 8 butir kapulaga
– 10 kuntum cengkeh
– 10-12cm kayu manis
– 10 kembang pekak
– 3 batang seledri , potong 4cm
– 4 batang daun bawang, potong 4cm
– Garam, gula secukupnya (gula sedikit saja agar gurih)
– 2 buah tomat, potong kotak-kotak
– 2 -3 buah wortel besar potong tebal-tebal (biar tidak hancur saat direbus lama)
– 3-4 buah kentang sedang/besar, potong besar-besar juga
– bawang merah goreng untuk taburan sop
– panci yang besar … xixixixi… kl ga,  ga cukup ntar sopnya

Cara : 
1. Rebus iga sampai matang. Buih-buih di kuahnya, di buang dengan cara disendokin hingga buihnya tidak ada lagi.
2. Haluskan merica+pala+bawang putih
3. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan tumisan ke dalam rebusan iga
4. Masukkan rempah-rempah ke dalam rebusan. Masak kurang lebih 10 menit lalu masukkan tomat, seledri dan daun bawang, garam dan gula, lalu rebus kembali kurang lebih 10-15 menit
5. Masukkan potongan wortel dan kentang, lalu masak kembali dengan kecil sampai wortel, kentang dan daging empuk.
6. Angkat, masukkan ke mangkuk, taburi dengan bawang goreng. so nyummy…..

Tips:
Percaya sama lidah sendiri. xixixixi. 

‘febbie, 25-12-2013

Posted in Masakan, Resep | Tagged , , , , , | 17 Comments